Senin, 31 Oktober 2016

Pendidikan Pesantren Penangkal Radikalisme.



Diskusi publik yang diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Semarang pada hari Sabtu 29 Oktober 2016 di Hotel Siliwangi Semarang memang penting. Tema yang dibahas pun sangat menarik yaitu “Pesantren dan Pendidikan Kontra Radikalisme”. Tema tersebut seakan ingin menegaskan kembali bahwa pendidikan pesantren adalah pola pendidikan yang tidak pernah mengajarkan paham radikalisme, sebaliknya pesantren senantiasa mengajarkan pendidikan Islam yang rahmatal lil alamin.

Minggu, 23 Oktober 2016

Aswaja Menurut K.H Hasyim Asy'ari dan Menurut K.H Said Aqil Sirodj


Aswaja adalah kepanjangan kata dari “Ahlussunnah waljamaah”. Ahlussunnah berarti orang-orang yang menganut atau mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW, dan waljamaah berarti mayoritas umat atau mayoritas sahabat Nabi Muhammad SAW. Jadi definisi Ahlussunnah waljamaah yaitu; “ Orang-orang yang mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW dan mayoritas sahabat (maa ana alaihi wa ashhabi), baik di dalam syariat (hukum Islam) maupun akidah dan tasawuf”. 
Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini 

Kamis, 20 Oktober 2016

Sanksi Mendidik Bagi Siswa Perokok



Kasus foto siswa perokok di samping guru sambil mengangkat kaki di atas meja beberapa waktu yang lalu menjadi viral di media massa dan media online. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengecam perbuatan siswa yang berasal dari Makasar Sulawesi Selatan. Foto siswa tersebut merupakan siswa kelas XII SMA berinisial AS (16) yang merokok dan mengangkat kaki disamping guru bahasa Indonesia bernama Ambo.