Jumat, 14 Agustus 2015

Belajar Mudah Aksara Jawa



Salah satu matapelajaran yang wajib diajarkan di sekolah-sekolah di Indonesia adalah bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Namun, disisi lain agar generasi muda khususnya para pelajar tidak lupa dengan bahasa ibu (daerah) masing-masing, maka setiap daerah diberikan kewenangan untuk memberikan matapelajaran sesuai dengan karakteristik daerah tertentu melalui matapelajaran muatan lokal. Salah satu matapelajaran muatan lokal yang sering diberikan kepada siswa adalah bahasa daerah.

Begitu juga sekolah-sekolah di Jawa, terutama di Jawa Tengah dan Yogyakarta masih mengajarkan bahasa daerah yaitu bahasa Jawa. Bahkan bahasa Jawa  masih menjadi salah satu mata pelajaran yang harus diberikan kepada para siswa. Bahkan khusus pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menerbitkan peraturan  satu hari berbahasa Jawa dalam seminggu bagi setiap dinas dan lembaga pemerintah di lingkungan Provinsi Jawa Tengah. Salah satu tujuan satu hari berbaha Jawa adalah untuk melestarikan bahasa Jawa dari kepunahan.

Khusus di lembaga-lembaga pendidikan di Jawa Tengah, pelajaran bahasa Jawa yang diajarkan bukan hanya dalam hal bertutur kata saja, melainkan siswa juga dituntut untuk mempelajari bagian dari bahasa Jawa yaitu aksara Jawa. Aksara Jawa memiliki bentuk dan karakteristik yang sangat unik, karena keunikan itulah sejumlah siswa sering merasa kesulitan mempelajari bentuk tulisan aksara Jawa tersebut. Padahal dalam pelajaran bahasa Jawa salah satu inti yang harus dikuasai oleh para siswa adalah bisa paham dan menguasai penggunaan aksara Jawa.

Bukan hanya siswa, para guru bahasa Jawa sendiri sering mendapatkan kesulitan dalam mengajarkan aksara Jawa kepada siswa karena metode yang digunakan selama ini lebih banyak menggunakan metode pengajaran yang konvensional yaitu menulis. Para siswa tentu akan merasa bosan jika hanya dituntut untuk menulis aksara Jawa tanpa adanya inovasi lain untuk mendukung pembelajaran bahasa Jawa tersebut.

Aplikasi Android

Salah satu sarana untuk mempermudah belajar bahasa Jawa, khususnya aksara Jawa bagi para siswa di sekolah adalah dengan menggunakan kemajuan teknologi melalui aplikasi Android. Muhfau, seorang developer aplikasi asal Boyolali Jawa Tengah saat ini sedang mengembangkan ide “Nulis Aksara Jawa” melalui aplikasi android. Aplikasi tersebut diharapkan bisa digunakan oleh sekolah-sekolah khususnya untuk membantu para guru maupun para siswa dalam membaca dan menulis tulisan dalam aksara Jawa.

Aplikasi android “nulis aksara Jawa” tersebut bisa di dapat (di unduh) melalui koneksi internet di masing-masing sekolah maupun melalui layanan handphone (HP) yang dimiliki oleh setiap orang. Aplikasi android aksara Jawa tersebut salah satunya berisi fitur konversi (perubah) tulisan dari huruf latin menjadi aksara Jawa maupun sebaliknya dari aksara Jawa menjadi latin.

Cara menggunakan fitur koversi ‘nulis aksara Jawa” sebagaimana yang dijelaskan pengembang aplikasi ini sangatlah mudah. Semisal di sekolah, para siswa cukup diajari untuk menuliskan kata atau kalimat dengan keyboard komputer atau HP yang sudah mengunduh aplikasi android “nulis aksara Jawa” lalu menekan tombol konversikan, maka tulisan dalam bentuk aksara Jawa hasil konversi akan tampil di layar monitor. Begitu juga sebaliknya, untuk fitur konversi dari aksara Jawa menjadi tulisan latin juga tersedia lengkap.

Oleh sebab itulah, aplikasi android “nulis aksara Jawa” dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran bahasa Jawa yang efektif dan efisien karena dapat diakses di manapun dan kapan pun. Artinya bukan hanya ketika belajar di sekolah saja, para siswa juga bisa belajar bahasa Jawa khususnya aksara Jawa di rumah secara mandiri melalui HP yang memiliki layanan aplikasi android.
Sehingga dengan demikian belajar bahasa Jawa khususnya aksara Jawa bukan lagi sesuatu yang kuno dan sulit bagi para siswa. Dengan aplikasi android “nulis aksara Jawa” selain dapat mempermudah juga akan lebih memacu semangat siswa untuk senang belajar bahasa Jawa, khususnya aksara Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar