Rabu, 28 Mei 2014

Hari Kecepit Nasional

Hari Kecepit Nasional (Harpitnas) mungkin agak aneh, tapi istilah tersebut sudah jamak dikalangan masyarakat, terutama dalam dunia pendidikan. Hari kecepit nasional merupakan salah satu moment yang dianggap tanggung oleh sebagian orang, karena hari tersebut biasanya ada diantara dua hari libur atau hari aktif yang ada diantara dua hari libur. Makanya, banyak kegiatan yang akhirnya terpending gara-gara hari tersebut.

Senin, 26 Mei 2014

Stop Kekerasan di Sekolah

Sedih dan sangat prihatin, itulah ungkapan yang mewakili perasaan saya saat ini ketika melihat dunia pendidikan sedang dirundung banyak masalah. Salah satu masalah yang akhir-akhir mencoreng dunia pendidikan adalah terjadinya berbagai tindak kekerasan di lingkungan sekolah. Sungguh sangat disayangkan tentunya, sekolah yang dianggap sebagai salah satu tempat suci ternoda oleh perbuatan-perbuatan oknum yang tidak bertanggungjawa. Oknum tersebut bukan saja dilakukan oleh guru ataupun karyawan tetapi juga dilakukan oleh siswa.

Selasa, 20 Mei 2014

Belajar Sejarah Melalui Museum Nasional

Museum selalu identik dengan tempat yang menyediakan benda-benda bersejarah, oleh sebab itulah museum dapat dikatakan sebagai tempat wisata sejarah. Namun harus diakui bahwasanya keberadaan museum di zaman modern ini cenderung jarang dilirik oleh masyarakat, begitu juga oleh lembaga pendidikan.