Selasa, 08 April 2014

Pendidikan Berpolitik Bagi Siswa SLB

Pendidikan berdemokrasi memang wajib diajarkan kepada anak didik, terutama kehidupan berdemokrasi di sekolah. Seperti kita ketahui bersama, biasanya praktek kehidupan berdemokrasi di sekolah dilaksanakan dalam bentu pemilihan ketua kelas, maupun pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Jika di zaman dulu pemilihan ketua kelas, sering dilakukan dengan cara penunjukkan oleh guru kelas, maka saat ini hal tersebut tidak berlaku karena biasanya dilakukan dengan cara pemilihan oleh siswa se kelas.

Sabtu, 05 April 2014

Sekolah, Politik dan Kampanye

Penulis sengaja membuat judul diatas, karena ada korelasi diantara ketiga hal diatas, yaitu sekolah, politik, dan kampanye. Apalagi jika dikaitkan dengan masa sekarang, terutama dalam waktu sebulan yang lalu  yaitu bulan maret. Banyak orang mengatakan bahwa tahun 2014 adalah tahun politik, karena tahun ini bangsa Indonesia akan menggelar pesta politik, yaitu pagelaran pemilu legislatif (April) dan pemilu presiden (Juni).

Rabu, 02 April 2014

Menjelang Ujian Nasional

Jika tidak ada aral melintang, tanggal 14-16 April 2014 akan diselenggarakan Ujian Nasional untuk jenjang SMA/SMK/MA. Itu artinya cuma butuh waktu 1 minggu lagi bagi peserta didik yang saat ini sedang menempuh pendidikan kelas 3 SMA sederajat. Waktu seminggu jelas merupakan waktu yang teramat pendek, karena dalam waktu-waktu tersebut biasa para siswa yang akan mengikuti UN akan disibukkan dengan berbagai macam kegiatan, terutama yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan Ujian Nasional.