Jumat, 10 Januari 2014

Urgensi Pendidikan Politik

Tahun 2014 mulai berjalan, tahun ini dianggap sebagai tahun keramat karena akan terjadi peristiwa besar dan sangat penting yaitu sebuah pesta rakyat, pesta demokrasi paling akbar di negeri ini. Kurang lebih 3 bulan lagi, rakyat Indonesia akan melakukan pemilu untuk yang kesekian kali. Ritus lima tahunan ini menjadi lebih heboh karena bukan hanya akan memiliih wakil rakyat, tetapi juga akan memilih pemimpin negeri ini.  Tahun ini pula rakyat Indonesia akan memutuskan nasib bangsa lima tahun ke depan, memutuskan untuk hidup sejahtera ataupun hidup sengsara.

Rabu, 08 Januari 2014

Tugas Mulia Guru

Dalam dunia ini banyak sekali jenis profesi pekerjaan yang dijalani oleh seseorang, dan semua profesi pekerjaan itu baik menurut orang yang menjalaninya. Dalam hal inilah profesi baik menjadi hal yang sangat subjektif, tergantung kepada siapa kita akan menanyakan pendapat tentang pekerjaan tersebut. Lalu, jenis profesi pekerjaan apa yang masih diangggap sebagai profesi terbaik dan mulia jika dilihat dari sudut pandang umum?

Sabtu, 04 Januari 2014

Belajar di Alam Terbuka



Proses pembelajaran di sekolah selama ini didominiasi dengan kegiatan yang hanya dipusatkan di dalam ruang kelas saja, atau paling luas di lingkuungan sekolah. Hal tersebut terkadang membuat siswa menjadi bosan dan tertekan karena hanya melakukan aktifitas yang sama setiap harinya. Apalagi ditambah dengan pendidik yang kurang memiliki kreatifitas dan inovasi dalam mengajar, hal tersebut tentu akan semakin membuat peserta didik tidak bersemangat dalam belajar.

Jumat, 03 Januari 2014

Belajar dari Guru Besar

Menarik sekali apa yang ditulis oleh saudara Ngalimun tentang “Sinyal Positif Gerakan Profesor Mengajar” (Suara Merdeka, 14/2013). Dalam tulisanya Ngalimun memaparkan bahwa ada lima hikmah utama yang bisa dipetik dari gerakan  ”Professor Unnes Go to Schools” yaitu motivasi bagi guru untuk mendidik lebih baik, bukti kepedulian profesor terhadap pendidikan di bawah perguruan tinggi, adanya sinergi keilmuan, penerang atas polemik kurikulum 2013  serta memperbaiki pendidikan adalah tugas bersama.

Kamis, 02 Januari 2014

Resolusi 2014: Mendidik Lebih Baik

Moment tahun baru selalu menjadi sebuah peristiwa yang istimewa bagi sebagian besar orang di seluruh penjuru dunia, maka tidak mengherankan jika banyak umat manusia merayakan tahun baru dengan gegap gempita, foya-foya, hura-hura dan cenderung berlebihan. Namun, tak sedikit pula orang yang merayakan tahun baru hanya dengan cara yang sederhana tanpa kemewahan, bahkan ada pula yang merayakan cukup hanya dengan berdoa bersama.

Rabu, 01 Januari 2014

Tahun Baru: Semangat Baru

Liburan semeteran yang dijalani oleh siswa di Indonesia selama dua minggu bertepatan pula dengan libur tahun baru. Seakan menjadi kebahagian yang berlipat, saat libur semester, juga para siswa bisa menikmati tahun baru bersama keluarga, saudara serta teman-teman tercinta. Hal tersebut tentu mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi para siswa yang sedang menjalani liburan semester I tahun pelajaran 2013-2014.