Selasa, 20 Mei 2014

Belajar Sejarah Melalui Museum Nasional

Museum selalu identik dengan tempat yang menyediakan benda-benda bersejarah, oleh sebab itulah museum dapat dikatakan sebagai tempat wisata sejarah. Namun harus diakui bahwasanya keberadaan museum di zaman modern ini cenderung jarang dilirik oleh masyarakat, begitu juga oleh lembaga pendidikan. 

Padahal dalam hal ini, lembaga pendidikan khususnya mempunyai  kaitan erat dengan museum, karena tempat tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran bagi peserta didik terutama dalam memahami sejarah masa lalu.



Gambar Museum Gajah ini Pinjam dari sini
Materi sejarah merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting diberikan kepada peserta didik. Karena dengan mengetahui perkembangan sejarah, diharapkan siswa sebagai generasi penerus bangsa ini akan lebih bisa menghargai masa depannya. Dengan belajar sejarah setidaknya peserta didik akan dapat mengetahui nilai atau pesan moral yang hendak disampaikan oleh pelaku sejarah tersebut. Namun, kondisi saat ini justru sebaliknya, belajar sejarah dianggap membosankan oleh para siswa, hal itu disebabkan karena pembelajaran sejarah hanya dilakukan di ruang kelas melalui media membaca buku dan mendengarkan ceramah guru.


Hal itu diperparah dengan pandangan sebagian besar guru yang masih beranggapan bahwa sumber belajar yang utama adalah berasal dari buku pelajaran. Padahal selain buku pelajaran, banyak sekali benda, tempat atau bahkan lingkungan yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Dalam hal inilah, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menemukan sumber-sumber pembelajaran yang tepat untuk bisa digunakan sebagai sarana menyampaikan materi pelajaran, khususnya pelajaran sejarah.


Gambar pinjam dari sini
Belajar sejarah dengan metode menghafal isi buku sejarah tentu merupakan metode pembelajaran yang kuno dan membosankan. Disamping akan menjadikan siswa malas, tentu akan membuat susah para siswa dalam memahami dan mencerna pesan moral dalam sejarah tersebut. Oleh sebab itulah dibutuhkan metode pembelajaran yang menyenangkan untuk belajar sejarah, salah satunya adalah dengan melakukan kunjungan edukatif ke museum-museum, baik yang dimiliki oleh setiap daerah, maupun museum yang dimiliki oleh negara yaitu Museum Nasional.


Berkunjung ke Museum Nasional ibaratnya kita diajak untuk kembali ke masa lalu, karena disana kita bisa melihat berbagai benda-benda dan hasil karya yang diciptakan oleh masyarakat Indonesia pada masa lalu. Dengan hal itu paling tidak kita akan lebih mengenal tentang seni dan kebudayaan yang pernah dihasilkan oleh nenek moyang masyarakat Indonesia. 
Mengajarkan Anak tentang Sejarah sejak dini.


Sebagai salah satu lembaga resmi yang menyimpan, mengelola, memelihara serta memamerkan berbagai hasil karya, cipta dan karsa manusia sepanjang zaman museum nasional merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi dengan tujuan mempelajari sejarah Indonesia. Khusus bagi dunia pendidikan, keberadaan museum, lebih-lebih museum nasional dapat dijadikan sebagai sebagai sumber belajar bagi siswa. Selain dapat belajar secara langsung tentang berbagai sejarah kehidupan bangsa, siswa secara tidak langsung juga bisa menikmati kunjungan ke museum sebagai ajang untuk rekreasi.


Menjadikan museum sebagai sumber pembelajaran sesungguhnya memiliki banyak keuntungan. Diantara manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan kunjungan ke museum adalah: Pertama, menambah pengetahuan serta wawasan siswa dalam hal sejarah. Kedua, menumbuhkan daya kritis dan kreatifitas siswa untuk membuktikan fakta dan teori yang terdapat dalam buku pelajaran atau yang dijelaskan oleh guru. Ketiga, mendidik siswa untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri atas berbagai pertanyaan yang muncul berkaitan dengan materi pelajaran sejarah.


Keempat, mempermudah guru dalam menjelasan materi pelajaran sejarah kepada siswa dengan bukti-bukti nyata. Kelima, sebagai sarana untuk membangkitkan motivasi belajar siswa sekaligus media menghilangkan rasa bosan dan jenuh siswa karena selama ini mereka hanya bisa belajar tentang sejarah di ruang kelas saja. Dengan belajar di luar kelas (museum) diharapkan bisa menumbuhkan semangat siswa untuk belajar sejarah dengan sungguh-sungguh.


Mengajarkan materi pelajaran sejarah bagi generasi muda (siswa) memang bukan persoalan gampang, oleh sebab itulah seorang guru dituntut untuk bisa berimprovisasi dalam proses pembelajaran. Hal itu penting sekali dilakukan agar pembelajaran sejarah tidak monoton, salah satunya tentu saja dengan menjadikan museum sebagai sumber belajar materi sejarah.


Sedangkan bagi masyarakat luas, keberadaan museum nasional hendaknya dapat dijadikan sebagai salah satu sarana penghubung antara masa lalu, masa sekarang, dan masa depan untuk diambil pelajarannya. Selain itu, dengan adanya museum nasional diharapkan masyarakat Indonesia akan dapat belajar banyak tentang bagaimana mencintai kebudayaan Indonesia. 

Sebagai Tambahan Informasi:
Museum Nasional Indonesia
Address:
Jl. Medan Merdeka Barat No.12
Gambir, Jakarta Pusat 10110
Indonesia
Phone : +62 21 386 8172


http://236museumnasionalindonesia.com/


Source :
Foto ada yang pinjam dari Akun Blog ini, dan juga koleksi pribadi. 
http://236museumnasionalindonesia.com/
http://museumnasional.or.id/

2 komentar:

  1. Yang jelas pengelola museum harus punya ide2 kreatif untuk menarik pengunjung. Sukses ikut lombanya ya:).

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus