Rabu, 02 April 2014

Menjelang Ujian Nasional

Jika tidak ada aral melintang, tanggal 14-16 April 2014 akan diselenggarakan Ujian Nasional untuk jenjang SMA/SMK/MA. Itu artinya cuma butuh waktu 1 minggu lagi bagi peserta didik yang saat ini sedang menempuh pendidikan kelas 3 SMA sederajat. Waktu seminggu jelas merupakan waktu yang teramat pendek, karena dalam waktu-waktu tersebut biasa para siswa yang akan mengikuti UN akan disibukkan dengan berbagai macam kegiatan, terutama yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan Ujian Nasional.

Di sekolah-sekolah diadakan tryout soal-soal yang dirasa berkaitan dan diharapkan akan keluar sewaktu UN berlangsung. Di luar sekolah para siswa yang akan mengikuti ujian juga disibukkan dengan kegiatan les tambahan, maupun privat terutama bagi mata pelajaran yang akan diujikan. Belum lagi ditambah di rumah, para siswa mau tidak mau juga harus belajar secara mandiri demi menyambut UN.

Diluar kegiatan belajar dan menambah pengetahuan, peserta didik biasanya juga ikut kegiatan doa bersama maupun istigotsah baik yang dilakukan oleh pihak sekolah. Adapula yang dengan inisiatif dari  orang tua siswa diajak ke tempat tempat orang yang (dianggap pintar) demi mewujudkan tujuan agar bisa lulus UN. Yaa, semua hal itu dilakukan tak lain agar seorang siswa bisa lulus UN, lebih-lebih agar bisa mendapatkan nilai yang baik. 

Ujian Nasional memang menjadi salah satu fenomena di negeri ini, banyak siswa stress karena UN, bahkan ada yang sampai bunuh diri karena malu gara-gara tidak lulus UN. Banyak juga guru dan orang tua yang ikutan stress karena ikut memikirkan siswa yang sedang mengikuti UN, tak terkecuali banyak juga sekolah-sekolah yang akhirnya ikutan heboh dan melakukan berbagai cara baik itu cara yang positif maupun negatif demi mengantarkan siswa bisa lulus UN. Alasannya tak lain karena harga diri, sekolah yang siswanya bisa lulus 100% maka akan terangkat harga diri dan martabatnya, sebaliknya sekolah yang tidak bisa meluluskan 100% siswanya atau bahkan sekolah yang tak bisa meluluskan sama sekali siswanya tentu akan jatuh harga dirinya.

Ujian Nasional memang bukan segala-galanya, namun banyak pihak mengatakan bahwa UN adalah segala-galanya, sehingga tak mengherankan jika UN akan berlangsung banyak pihak yang dibuat heboh bahkan ketakutan jika tidak berhasil melalui UN. Semoga UN tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya memuaskan, amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar