Rabu, 08 Januari 2014

Tugas Mulia Guru

Dalam dunia ini banyak sekali jenis profesi pekerjaan yang dijalani oleh seseorang, dan semua profesi pekerjaan itu baik menurut orang yang menjalaninya. Dalam hal inilah profesi baik menjadi hal yang sangat subjektif, tergantung kepada siapa kita akan menanyakan pendapat tentang pekerjaan tersebut. Lalu, jenis profesi pekerjaan apa yang masih diangggap sebagai profesi terbaik dan mulia jika dilihat dari sudut pandang umum?


Mungkin tidak banyak jenis pekerjaan yang dianggap mulia oleh khalayak umum, karena jenis pekerjaan tersebut harus dilihat dari berbagai sudut pandang bagaimana seseorang melihatnya. Baik dari segi tujuan, sampai dengan bagaimana seseorang menjalani pekerjaan tersebut. Dari sekian jenis profesi pekerjaan yang hingga saat ini masih dianggap sebagai profesi terbaik dan mulia adalah menjadi pendidik (guru).

Saat ini menjadi seorang pendidik memang menjadi salah satu jenis pekerjaan yang diidam-idamkan oleh setiap orang, lebih-lebih bagi para lulusan dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Alasannya sebenarnya sangat simpel, karena saat ini "KATANYA" menjadi guru akan cepat kaya? betulkah demikian? jawabannya bisa benar juga bisa salah besar. Benar jika dilihat jika guru tersebut sudah berstatus pegawai negeri dan sudah tersertifikasi karena dianggap memiliki penghasilan yang cukup besar dan dianggap cepat kaya. 

Dan jawaban bisa salah jika dilihat bahwa penghasilan guru  apalagi yang belum PNS dan belum bersertifikasi sangatlah minim, bahkan lebih kecil dari pada gaji buruh pabrik. Lalu benarkah profesi menjadi guru masih diidam-idamkan? ternyata masih, karena bukan soal penghasilan atau gaji semata yang menjadi alasan mengapa seseorang menjadi pendidik, melainkan karena memang tugas menjadi seorang guru sangat mulia.

Betapa tidak mulia, tugas mendidik dan mencerdaskan kehidupan bangsa berada ditangan guru, itu artinya maju dan mundurnya sebuah bangsa sangat ditentukan oleh peran serta guru. Kegagalan dalam mendidik generasi muda bangsa ini maka merupakan indikasi kemunduran bangsa. Oleh sebab itulah negara saat ini benar-benar mulai merasakan betapa pentingnya peran guru dalam memajukan bangsa ini. Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika kemudian guru sangat diperhatikan, salah satunya tentu soal kesejahterannya.

Sesungguhnya tugas mulia seorang guru dalam mendidik anak-anak menjadi generasi yang pintar dan bermoral merupakan salah satu indikasi bahwa guru tersebut merupakan seseorang yang sudah kaya. Kaya akan ilmu dan dan pahala, namun semua itu bisa di dapat saat guru melaksanakan tugasnya dengan penuh keikhlasan. Semoga  semua guru di Indonesia bisa mengemban tugasnya dengan penuh tanggungjawab dan penuh keiikhlasan. amien.

2 komentar:

  1. Saat seorang guru mendidik dengan penuh keikhlasan maka betapa mulianya ya, Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. njeh leres sanget pak ustadz, semoga kita termasuk orang2 yang ikhlas generasi bangsa ini

      Hapus