Rabu, 01 Januari 2014

Tahun Baru: Semangat Baru

Liburan semeteran yang dijalani oleh siswa di Indonesia selama dua minggu bertepatan pula dengan libur tahun baru. Seakan menjadi kebahagian yang berlipat, saat libur semester, juga para siswa bisa menikmati tahun baru bersama keluarga, saudara serta teman-teman tercinta. Hal tersebut tentu mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi para siswa yang sedang menjalani liburan semester I tahun pelajaran 2013-2014.


Tahun baru merupakan sebuah moment yang harus dijadikan sebagai sarana evaluasi oleh setiap orang, tak terkecuali bagi stakehoder pendidikan khususnya para siswa. Tahun baru hendaknya dijadikan sebagai sarana untuk memupuk kembali semangat dalam belajar, meningkatkan kembali semangat membaca, dan lebiih aktif lagi dalam mengikuti segala kegiatan yang telah menjadi agenda sekolah atau agenda pribadi dalam hal pembelajaran.

Tahun baru = Semangat baru, hal tersebut hendaknya dijadikan prinsip bagi setiap siswa untuk menatap masa depannya. Jangan sampai di tahun baru ini para siswa justru mengalami kemunduran dalam belajar, malas dalam membaca, dan semakin jarang mengikuti pembelajaran (bolos sekolah). Tahun baru harus digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan prestasi yang sebelumnya masih masih berada ditingkat bawah.

Pada tahun pelajaran 2013-2014 ini memang merupakan moment diterapkannya kurikulum baru 2013, itu artinya semua insan pendidikan terutama keluarga besar sekolah sedang menjalani proses baru menggunakan kurikulum yang baru. Meskipun belum semua sekolah bisa menerapkan kurikulum 2013, akan tetapi harapannya sudah ada sosialisasi yang menyeluruh bagi semua sekolah agar ke depannya saat tiba waktunya sekolah-sekolah sudah siap untuk menerapkan kurikulum tersebut.

Yang pasti, semoga di tahun baru 2014 akan ada perubahan yang cukup signifikan bagi pendidikan di Indonesia, terutama kualitas para peserta didiknya dan juga kualitas segenap pendidiknya. Semoga tahun baru 2014 benar-benar memberikan semangat baru bagi insan sekolah untuk bisa melakukan perbaikan kualitas diri demi kemajuan pendidikan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar