Kamis, 02 Januari 2014

Resolusi 2014: Mendidik Lebih Baik

Moment tahun baru selalu menjadi sebuah peristiwa yang istimewa bagi sebagian besar orang di seluruh penjuru dunia, maka tidak mengherankan jika banyak umat manusia merayakan tahun baru dengan gegap gempita, foya-foya, hura-hura dan cenderung berlebihan. Namun, tak sedikit pula orang yang merayakan tahun baru hanya dengan cara yang sederhana tanpa kemewahan, bahkan ada pula yang merayakan cukup hanya dengan berdoa bersama.


Memang setiap orang memiliki kebebasan masing-masing dalam menyambut tahun baru 2014 ini, semua sah dilakukan sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Bebarengan dengan hal itu pula biasanya setiap oorang memiliki harapan untuk tahun baru ini, atau dalam bahasa kerennya sering disebut sebagai "resolusi". yaa, resolusi ditahun baru, merupakan sebuah rencana yang coba diwujudkan dalam jangka waktu tertentu, atau dalam tahapan tertentu. Resolusi tersebut bisa berkaitan dengan pekerjaan, kehidupan rumah tangga, dan lain sebagainya.
Gambar

Ada kata-kata bijak yang menyatakan bahwa bila hari ini sama dengan hari kemarin ia termasuk orang yang rugi, bila hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka ttermasuk orang yang celaka, sedangkan jika hari ini lebih baik dari hari kemarin maka ia termasuk orang yang beruntung. Itu artinya dalam sebuah resolusi harus senantiasa mengandung pengertian bahwa tahun ini harus lebih baik dari pada tahun kemarin, dan itulah harapan dari setiap orang.

Begitu juga dengan saya, tentu memiliki resolusi untuk tahun ini. Sebagai seorang pendidik, maka resolusi saya tidaklah muluk-muluk, saya hanya ingin lebih baik dalam mendidik siswa-siswi saya, berbagai kekurangan dalam mendidik di tahun lalu, tepatnya di semester lalu semoga bisa ditutup atau harus bisa lebih baik pada tahun ini. Itulah sedikit mengenai resolusi saya sebagai seorang pendidik.

Harapan yang lebih umum, semoga pendidikan di Indonesia mengalami kemajuan bukan semakin mundur. Semoga ada kerjasama yang harmonis antara guru, sekolah, dinas pendidikan, pemerintah serta semua stakeholder pendidikan untuk membawa pendidikan Indonesia semakin maju dan berkualitas. Amien.

Selamat tahun baru 2014.

4 komentar:

  1. semoga resolusinya tercapai Mas. Saya juga semoga bisa mendidik anak dengan baik. salam sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien, makasih mas kita saling mendoakan

      Hapus
  2. Aamiin. Semoga demikian. Tetap optimis menghadapi tantangan apapun yang menghadang. Kebetulan semua anak saya di pesantren mas. Jadi tetap berkomunikasi dengan mereka saat ada kesempatan telepon atau kunjungan.

    Mengisi liburan semester mereka dengan backpackeran murmer sekaligus untuk mentadhaburi alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahagianya punya anak di pesantrenn muga jadi anak-anak yang soleh dan solehah dunia akhirat

      Hapus