Sabtu, 21 Desember 2013

Pentingnya Pendidikan dalam Keluarga

Pendidikan dasar memiliki peranan penting bagi kelangsungan pendidikan seseorang pada tahapan selanjutnya. Pendidikan dasar selama ini dipahami sebagai pendidikan formal di tingkat SD, atau kalau sekarang ini pendidikan di tingkat PAUD/TK. Pandangan itu tidaklah keliru karena memang selama ini pandangan yang umum di masyarakat semacam itu. Namun, di sisi yang lain kita harus menyadari bahwa sesungguhnya pendidikan dasar seseorang sesungguhnya berasal dari keluarga kita sendiri.


Keluarga merupakan sekolah pertama bagi seseorang, di keluarga pula sesungguhnya merupakan pondasi dasar pendidikan. Jika pondasi dasar pendidikan dalam keluarga ini kuat maka pendidikan di luar keluarga merupakab pendidikan lanjutan dari pendidikan keluarga. Disinilah sesungguhnya peran seorang guru utama (orang tua) sangat diperlukan karena ditangan  merekalah kecerdasan, serta akhlak seoarang anak ditentukan.

Apabila orang tua bisa mendidik anak-anaknya dengan sungguh-sunggguh baik dari segi intelektual, emosional maupun akhlak maka besar kemungkinan anak tersebut akan memiliki modal dasar dalam menjalani kehidupan di luar keluarga dengan baik. Namun sebaliknya jika orang tua tidak membekali anak-anaknya dengan pendidikan yang cukup, maka besar kemungkinan anak tersebut ketika berada di tengah-tengah masyarakat akan menjadi pribadi yang kurang humanis. 

Faktor keluarga memang menjadi salah satu penentu keberhasilan pendidikan yang dijalani oleh anak, karena dengan keluarga yang memiliki peran dan waktu dalam mendidik anak dengan baik maka anak juga akan merasakan perhatian dari orang tuanya sehingga dia akan semakin giat dalam belajar. Dukungan dan motivasi dari orang tua serta keluarga lainnya tentu akan menjadikan penyemangat kepada anak untuk berbuat yang lebih baik dalam hal penddidikannya.

Keluarga adalah tempat pertama dan utama bagi anak untuk mendapatkan pendidikan dasar, pendidikan dalam keluarga juga merupakan pondasi dasar bagi anak untuk mendapatkan pengetahuan lebih-lebih pengetahuan tentang moral dan etika. Sehingga bagi para orang tua jangan sia-siakan kesempatan untuk mendidik anak-anak kita sebaik-baiknya, karena sesungguhnya di tangan orang tualah keberhasilan mendidik anak itu berada.

1 komentar:

  1. Setuju pak, keluarga adalah pendidikan dasar seorang anak. Dari sanalah mereka memulai segala aktifitas yg sesuai dg apa yg diajarkan atau dilakukan oleh orang tuanya. Dan juga diluar rumah mereka juga harus mengawasinya dg baik mengingat semakin kompleknya pergaulan anak masa kini yg bisa jadi merebut peran pendidikan yg telah ditanamkan oleh keluarganya. Orang tua seyogyanya tahu dengan siapa anaknya berteman dan kemana mereka bermain, orang tua harus bisa menjadi teman dari teman anaknya sehingga mereka begitu terbuka dg permasalahan permasalahan yg mereka hadapi.

    BalasHapus