Selasa, 31 Desember 2013

Libur Sekolah, Libur Belajar

Sudah seminggu ini sekolah-sekolah di Indonesia sedang diliburkan karena sudah menjadi salah satu tradisi dalam dunia pendidikan di Indonesia bahwa setelah melaksanakan Ulangan Akhir Semester (UAS) maka dilanjutkan dengan libur selama dua minggu. Tradisi liburan memang menjadi montum yang paling ditunggu-tunggu oleh segenap praktisi pendidikan yang berprofesi sebagai guru maupun siswa, lebih-lebih para siswa yang sangat antusias jika libur semester telah tiba.


Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan di sekolah yang dimulai sejak pukul 07.00-14.00 WIB (umum) dan ada pula yang mulai masuk pada pukul 06.30-16.00 WIB selama enam hari selama seminggu yang dijanlani kurang lebih satu semester terkadang membuat siswa dan juga guru tertekan dan terbebani. Belum ditambah dengan berbagai tugas yang harus diselesaikan di rumah, ditambah lagi dengan kewajiban menambah pengetahuan tambahan melalui les, privat dan lain sebagainya tentu semakin membuat siswa khususnya sangat terbebani.
 
Gambar ambil disini
Hal itu akan semakin menambah beban siswa saat ulangan semesteran tiba, karena mereka dituntut untuk menguasai hampir semua materi pelajaran yang sudah diajarkan selama satu semester agar hasil ujian semester mendapatkan nilai baik. Kondisi yang demikian tersebut jelas membutuhkan usaha belajar yang ekstra. Belajar ekstra jelas membutuhkan waktu yang tidak sedikit, itu artinya siswa sekolah dituntut untuk bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Ujian semester telah berlalu, penerimaan raport juga telah dilakukan, tibalah saatnya untuk rehat sejenak dari proses belajar mengajar di sekolah. Moment inilah yang tampaknya benar-benar dimanfaatkan oleh sebagian siswa untuk benar-benar menikmati liburan yang kurang lebih selama 2 minggu. Liburan semesteran bertambah mengasyikkan karena berdekatan dengan akhir tahun 2013, itu artinya liburan semesteran sekaligus liburan tahun baru.

Memang ada sebagian siswa yang punya prinsip bahwa libur sekolah adalah waktu libur belajar, hal itu tidak salah karena memang aktifitas belajar yang terus menerus juga membutuhkan masa istirahat dan libur semesteran merupakan waktu yang tepat untuk rehat. Namun, alangkah lebih baik jika libur semester tetap diisi dengan kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran, misal mengisi liburan dengan mengunjungi museum, atau dengan mengadakan studi tour. Semua itu dengan tujuan agar liburan semesteran tetap bisa belajar. Semoga liburan semesteran kali ini menyenangkan dan bermanfaat.

1 komentar:

  1. Kalau disekolah saya masih tanggal 02 Januari ujian semesternya kang, jadi liburannya dibarengkan dengan liburan pesantren..

    Biasanya sih liburan diisi dengan kegiatan FKS (Forum Komunikasi Santri) yang kegiatannya banyak, mulai dari lomba2 dan semacamnya/

    Salam.. :)

    BalasHapus